Portofolio penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

 Portofolio penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari













A. Identitas diri

Nama : chesya yunita
Kelas : Xll. 1
Moto hidup: disetiap kesulitan pasti ada kemudahan 

B. Kegiatan yang dilakukan

1. Kegiatan dirumah 













Gambar 1: menunjukkan saya sedang menyapu halaman rumah


2. Kegiatan disekolah 










Gambar 2: menunjukkan sedang ada kegiatan english day

3. Kegiatan di masyarakat













Gambar 3: menunjukkan sedang mengikuti pesta tetangga


4. Kegiatan berbangsa dan bernegara


Gambar 4: menunjukkan saya dan teman saya berkendara memakai helm


C. Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

1. Kegiatan dirumah 

Foto ini menunjukkan saya sedang menyapu halaman, yang merupakan bentuk gotong royong atau kepedulian terhadap kebersihan lingkungan. Ini termasuk penerapan sila ke-5 Pancasila, yaitu:
"Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia."

2. Kegiatan di sekolah 

Kegiatan ini juga sedikit mencerminkan sila ke-3: “Persatuan Indonesia”, karena siswa dari berbagai latar belakang duduk bersama, berpartisipasi aktif, dan menjaga kebersamaan di lingkungan sekolah.

3. Kegiatan dimasyarakat

Foto ini menunjukkan suasana pesta pernikahan adat, di mana terlihat adanya kebersamaan, kerukunan, dan penghormatan terhadap budaya daerah. Ini bisa dikaitkan dengan sila ke-3 Pancasila, yaitu:
"Persatuan Indonesia"

4. Kegiatan berbangsa dan bernegara

Foto ini menunjukkan saya dan teman saya yang sedang berboncengan naik motor, keduanya mengenakan helm. Ini bisa dikaitkan dengan nilai-nilai Pancasila, terutama:
Sila ke-2: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

D. Dampak kegiatan bagi diri sendiri

Dampak dari kegiatan tersebut bagi diri saya yaitu:

Gambar 1: Menyapu Halaman Rumah 

Dampak bagi Diri Sendiri:

Melatih disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap lingkungan.

Menumbuhkan kebiasaan hidup bersih dan sehat.

Membangun rasa peduli dan rela membantu pekerjaan rumah.

Gambar 2: Mengikuti Kegiatan english day setiap kamis

Dampak bagi Diri Sendiri:

Membentuk karakter disiplin, kerja sama, dan bertanggung jawab.

Mempererat persahabatan dengan teman-teman dari berbagai latar belakang.

Menumbuhkan semangat berorganisasi dan kebersamaan.

Gambar 3: Menghadiri Acara Pernikahan Adat

Dampak bagi Diri Sendiri:

Menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya daerah.

Membentuk sikap toleransi dan menghargai tradisi orang lain.

Meningkatkan rasa hormat kepada keluarga dan kerabat.

Gambar 4: Berkendara Motor dengan Tertib

Dampak bagi Diri Sendiri:

Melatih disiplin dan kepatuhan terhadap aturan lalu lintas (contoh: memakai helm).

Meningkatkan rasa tanggung jawab atas keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Membentuk karakter yang tertib dan taat hukum.

E. Dampak kegiatan bagi masyarakat disekitar

Dampak bagi masyarakat sekitar yaitu:


Gambar 1: Dampak bagi Masyarakat Sekitar

Lingkungan sekitar menjadi lebih bersih, sehat, dan nyaman

Menjadi contoh bagi tetangga atau teman sebaya untuk ikut peduli lingkungan.

Menumbuhkan budaya gotong royong di lingkungan masyarakat

Gambar 2: Dampak bagi Masyarakat Sekitar:


Menghasilkan generasi muda yang aktif, kreatif, dan memiliki rasa nasionalisme.

Membantu mewujudkan lingkungan sekolah yang harmonis dan rukun.

Memberikan contoh positif tentang pentingnya kebersamaan kepada masyarakat.

Gambar 3: Dampak bagi Masyarakat Sekitar


Membantu melestarikan adat istiadat dan tradisi lokal.

Menciptakan suasana kebersamaan dan mempererat tali silaturahmi.

Menumbuhkan rasa saling menghargai antarwarga meski latar belakang berbeda.

Gambar 4: Dampak bagi Masyarakat Sekitar:


Mewujudkan budaya tertib berlalu lintas yang dapat mengurangi kecelakaan.

Memberikan contoh baik kepada orang lain agar sadar akan keselamatan berkendara.

Mewujudkan lingkungan masyarakat yang lebih teratur dan aman di jalan raya.

Comments

Post a Comment